Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.
Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan. Berada di Sabana taman nasional Baluran akan terasa seperti berada di Afrika.
Kalau pergi ke Baluran tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan gunung berapi yang masih aktif dan terletak di perbatasan kabupaten banyuwangi dan kabupaten bondowoso. Gunung Ijen sendiri memiliki ketinggian 2.443 mdpl.
Gunung Ijen atau Kawah Ijen ini terakhir kali meletus pada tahun 1999. Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam dengan kedalaman danau 200 meter. Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia.
Di Kawah Ijen juga terkenal dengan Blue Fire-nya yang sangat indah dan bisa disaksikan sekitar pukul 02.00 hingga 04.00. Fenomena Blue Fire ini hanya terdapat di dua tempat di dunia yaitu di Islandia dan Indonesia.
Ingin mengetahui Afrika van Java-nya Indonesia dan blue fire yang hanya ada di dua negera? Langsung saja gabung di Anaphalistrip. Yuk, kita menjelajah bersama.

  INFORMASI TRIP! (KLIK)